PPKD Jaktim Beri Pelatihan Komputer Bagi Pelajar Disabilitas

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur memberikan pelatihan komputer bagi 10 murid Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 7 Jakarta di Jalan Griya Wartawan, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara. 

Kepala PPKD Jakarta Timur, Ahmad Sotar Harahap mengatakan, selain menyediakan perangkat komputer, pihaknya juga menggandeng penerjemah untuk membantu peserta tunarungu mengikuti pelatihan.

"Untuk mendukung pelatihan yang berlangsung mulai 21 Oktober sampai 29 November 2019 itu kami mengerahkan Mobile Training Unit (MTU)," ujarnya, Rabu (30/10). 

Sotar menjelaskan, melalui pelatihan ini diharapkan peserta disabilitas memiliki kemampuan mengoperasikan komputer setara dengan yang lain 

"Mereka ini memiliki kemampuan terpendam dan keahlian yang perlu terus diasah," terangnya. 

Ia menambahkan, dengan bekal keterampilan komputer ini peserta didik penyandang disabilitas kelak diharapkan memiliki kemandirian, baik untuk mendapatkan pekerjaan formal maupun berwirausaha dalam rangka peningkatan kesejahteraan mereka. 

"Harapan kami ke depan dengan diberikannya pelatihan ini mereka bisa kami bantu dalam penyaluran kerja ke perusahaan yang membutuhkan. Selain itu, minimal mereka bisa buka usaha sendiri dengan bekal keahlian atau keterampilan yang sudah dimiliki," tandasnya.(p/ab)